Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Duit Di Web Anda

Cara menghasilkan uang di situs web Anda (tanpa iklan atau produk)

Jika Anda tidak punya uang untuk memulai lini produk dan tidak ingin mengambil risiko dampak negatif pada iklan rasio konversi Anda, masih ada cara untuk menghasilkan uang secara online. Kuncinya adalah menemukan yang paling cocok untuk situs dan pengguna Anda.

1. Adakan acara secara langsung dan biaya untuk masuk

Komunitas online tidak diragukan lagi sangat berharga. Namun, ada sesuatu tentang berkumpul secara langsung yang menarik bagi banyak orang. Mengadakan acara secara langsung yang terkait dengan situs Anda dan menagih orang untuk masuk dapat membantu mendatangkan sejumlah pendapatan.

Seberapa luas acara Anda akan bergantung pada berapa banyak orang yang menurut Anda akan hadir. Ini bisa berupa konferensi besar atau pertemuan kecil lokal. Apa pun pilihannya, penting untuk mempertimbangkan berapa banyak menurut Anda orang akan bersedia membayar untuk masuk.

Anda juga harus memperhitungkan biaya tempat, makanan, dan kebutuhan lainnya. Jika Anda merasa tidak akan dapat menutupi biaya acara dan menghasilkan keuntungan, metode ini mungkin bukan untuk Anda.

Biasanya, menyelenggarakan acara secara langsung akan bekerja paling baik jika Anda sudah memiliki komunitas online yang besar. Orang-orang yang benar-benar berdedikasi pada situs Anda dan pengguna lainnya lebih cenderung berusaha untuk hadir, dan lebih cenderung bersedia membayarnya.

Ambil WordCamps, misalnya. Meskipun acara ini tidak untuk mencari keuntungan, jumlah orang yang terlibat menunjukkan seberapa terlibat komunitas WordPress, dan keinginan mereka untuk berinteraksi secara langsung dan tidak hanya melalui layar:

cara menghasilkan uang di situs web Anda dengan acara seperti WordCamps

Bagi beberapa orang, mengadakan acara besar mungkin tampak sulit. Namun, jika Anda dapat melakukannya, semoga Anda akan mendapatkan keuntungan sekaligus memberikan kesempatan bagi pengguna situs Anda untuk terlibat satu sama lain dan menjadi lebih berkomitmen terhadap komunitas Anda.

2. Beli, balik, dan jual situs web

Jika Anda memiliki keterampilan desain dan pengembangan untuk itu, Anda dapat memasuki bisnis situs web 'membalik'. Prosesnya melibatkan pembelian situs, melakukan peningkatan, lalu menjualnya lagi untuk mendapatkan keuntungan.

Meskipun mungkin tampak aneh untuk menjual sesuatu yang telah Anda lakukan dengan susah payah, situs dengan pengikut yang cukup banyak dapat menjual seharga ribuan dolar. Jika situs Anda memiliki jumlah pengguna biasa yang layak dan Anda tidak ingin lagi mempertahankannya, menjual bukanlah pilihan yang buruk.

Namun, jika Anda belum siap untuk berpisah dengan situs Anda sendiri, Anda selalu dapat membeli dan membalik situs di situs tersebut. Pasar online seperti Broker Situs Web dan Flippa adalah tempat populer untuk menemukan situs murah untuk dibeli dan ditingkatkan, kemudian dijual lagi nanti:

Metode ini paling mudah jika Anda sudah memiliki keterampilan desain dan pengembangan. Jika Anda seorang pengembang profesional yang ingin memperluas portofolio dan pendapatan Anda, membalik situs bisa menjadi cara yang efisien untuk melakukannya.

3. Terima donasi dari pengguna

Menerima donasi dari pengguna bisa menjadi cara sederhana untuk menghasilkan uang yang dibutuhkan untuk menjalankan situs Anda. Jika Anda mengeluarkan konten berkualitas, Anda mungkin terkejut dengan jumlah orang yang bersedia membantu dan membantu situs Anda tetap online.

Metode ini berfungsi paling baik untuk situs yang terkait dengan amal atau tujuan baik lainnya. Meskipun ada blog yang menjalankan donasi, cara termudah adalah meyakinkan pengguna untuk menyediakan dana jika situs Anda sejalan dengan nilai mereka.

Ambil contoh Humane Society of the United States. Mereka memiliki beberapa tombol ajakan bertindak (CTA) di situs mereka yang mengundang pengguna untuk berdonasi, dan memasangkannya dengan gambar hewan berkualitas tinggi untuk menarik perhatian pengguna:

cara menghasilkan uang di situs web Anda dengan donasi

Jika Anda menjalankan lembaga nonprofit, menambahkan peluang donasi di situs Anda adalah suatu keharusan. Anda juga dapat mencobanya jika Anda menyediakan konten gratis, seperti postingan blog. Meskipun kemungkinan tidak biasa atau besar, Anda masih dapat memperoleh uang dari pembaca yang menghargai.

4. Buat konten eksklusif untuk anggota yang membayar

Membuat konten berbayar dapat menjadi salah satu cara paling sederhana untuk menghasilkan uang di situs web Anda. Seringkali, Anda tidak perlu melakukan banyak pekerjaan ekstra. Anda cukup terus membuat postingan blog, kelas online, atau konten apa pun yang menjadi spesialisasi Anda, dan mengenakan biaya untuk mengakses sebagian.

Satu-satunya bagian yang sulit adalah menciptakan keseimbangan yang tepat antara konten gratis dan berbayar. Menawarkan terlalu banyak konten secara gratis dapat membuat pengguna merasa bahwa mereka tidak membutuhkan konten yang Anda kenakan. Di sisi lain, membebankan terlalu banyak konten dapat membuat pengunjung menjauh.

Untuk alasan ini, konten berbayar atau keanggotaan berfungsi paling baik untuk situs yang sudah memiliki pengikut tetap. Jika pengguna Anda sudah mengetahui konten Anda layak dibayar, mereka kemungkinan besar akan bersedia melakukannya.

Selain itu, situs pendidikan yang menawarkan kursus atau webinar online sering kali dapat menggunakan metode ini secara efektif. Anda dapat memberikan kursus pengantar secara gratis, kemudian mengenakan biaya untuk kursus menengah dan lanjutan. Codecademy adalah contoh sukses:

Mereka menawarkan banyak kursus gratis, karena mengetahui bahwa siswa yang ingin mempelajari lebih lanjut akan membayar keanggotaan dan kursus lanjutan nanti. Codecademy sekarang menjadi platform masuk bagi banyak orang yang ingin mulai mempelajari kode untuk pertama kalinya.

Kesimpulan

Iklan dan produk biasanya merupakan metode masuk untuk menghasilkan uang dengan situs web. Namun, strategi ini tidak selalu yang terbaik. Iklan dapat menyebabkan pengguna kehilangan kepercayaan pada situs Anda, dan produk memerlukan investasi di muka yang mungkin tidak Anda miliki.

Kabar baiknya adalah, ada beberapa cara lain untuk menghasilkan uang di situs web Anda, termasuk:

Adakan acara secara langsung dan kenakan biaya untuk masuk.

Beli, balik, dan jual situs web.

Terima donasi dari pengguna.

Buat konten eksklusif untuk anggota yang membayar.

Variasikan dan promosikan silang konten Anda.

Sumber : https://themeisle.com/blog/how-to-make-money-on-your-website/